Close
Close

Koperasi Produsen Simpang 3 Darmabuana Jalin Kemitraan Dengan Faperik Uniqbu

Namlea, Orasirakyat.com -  Koperasi Produsen Simpang 3 Darmabuana, Desa Pasir Putih, Kecamatan Kepala Madan, Kabupaten Buru Selatan, menjalin kemitraan dengan Koperasi Mandiri Al'Burujj Namlea, Kec.Namlea Kabupaten Buru.


Koperasi Simpang 3 Darmabuana juga  ikut menjalin kemitraan dengan Fakultas  Perikanan dan Kelautan Universitas Iqra Buru (Faperik Uniqbu), serta Kantor Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Maluku.


Kemitraan yang telah dibangun itu ditandai dengan perjanjian kerjasama antara Koperasi Simpang 3 Darmabuana dengan tiga mitranya itu telah berlangsung dan dilakukan secara terpisah di Namlea, pada Selasa sore (21/5/2024).


Manajer Koperasi Simpang 3 Darmabuana, Darmawati menjelaskan,  bahwa tujuan kerjasama ini adalah sebagai langkah awal untuk pengembangan koperasi dan memperluas akses koperasi dengan pihak terkait.


Untuk itu, ke depan kemitraan  terus dibangun,  dalam rangka meningkatkan kapasitas kelembagaan koperasi dan memperluas jaringan kemitraan dengan yang lain.


Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan Uniqbu, Abdussabar Polanunu, merespon baik kerjasama itu , karena  akan memberikan dampak positif bagi fakultas dalam implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Maluku Gugus Pulau I, Abdullah Alkatiri, turut memberikan apresiasi atas upaya koperasi dalam menjalankan kerjasama tersebut.


Instansinya juga sangat terbantu   dengan kemitraan tadi, dalam rangka  kegiatan monitoring dan pengawasan oleh pihak dinas di lapangan.


Sedangkan Ketua Koperasi Produsen Al Buruuj Usaha Mandiri, Junaid Payapo, menyatakan bahwa kerjasama ini akan memberikan kontribusi positif bagi pengembangan kedua koperasi, terutama dalam sektor usaha perikanan. 

Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan akan sangat membantu dalam distribusi hasil perikanan dari Kabupaten Buru Selatan ke Kabupaten Buru, begitu pula sebaliknya.


Dosen Fakultas perikanan dan Kelautan, Muhammad Ikbal Zakariah yang juga selalu bertindak sebagai pendamping koperasi menyatakan,  kalau  kerjasama itu adalah langkah awal yang perlu dilakukan oleh pihak koperasi. Selain kerjasama dengan akademisi, birokrasi, dan koperasi lain, langkah selanjutnya yang sangat penting adalah dengan memperluas jaringan kemitraan dengan pihak swasta, khususnya perusahaan-perusahaan yang terkait dengan usaha koperasi. 


"Hal ini perlu dilakukan agar koperasi dapat tumbuh dan memberikan manfaat bagi kesejahteraan pengurus dan anggota koperasi,"demikian Ikbal. (LTO)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama