Close
Close

Polres Bursel Tanam 1.000 Anakan Pohon Jelang HUT Bhayangkara ke 78

Namrole, Orasirakyat.com
Dalam rangka HUT Bhayangkara ke 78, Polres Buru Selatan (Bursel) menanam 1.000 anakan pohon di sepanjang jalan desa Kamlanglale, Desa Waenono, Desa Elfule dan desa Fatmite, Rabu (26/06/2024) sore.


Kegiatan penanaman pohon ini juga diselingi dengan penyerahan bibit sayur seperti bayam, Kangkung, tomat dll kepada masyarakat yang berprofesi sebagai petani.


Selain menanam pohon penghijauan kota dan bibit sayur, Polres Bursel juga menyerahkan ratusan anakan Cengkeh dan anakan Pala untuk masyarakat.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakapolres Bursel, Kompol Syarifudin dan di hadiri oleh sejumlah pimpinan OPD dilingkup Pemda Bursel, Danki D 731/Nawasena dan tamu undangan lainnya.


Wakapolres Bursel, Kompol Syarifuddin kepada wartawan mengatakan, tujuan dari penanaman 1.000 anakan pohon ini adalah untuk melakukan penghijauan di tengah kota Namrole sebagai pusat ibu kota kabupaten.


" Kegiatan kita semata-mata bertujuan untuk  menghijaukan negeri kita. Harapannya, hijau negeriku, tangguh rakyatku, dalam menghadapi ketahanan pangan khususnya di daerah yang kita cintai ini," ujar Wakapolres.


Menurutnya, secara keseluruhan tujuan penanaman 1000 anakan ini untuk menghijaukan bumi Flolik Lalen Fedak Fena, sehingga anak cucu Bursel kedepan nanti bisa menikmati hijaunya bumi Bursel.


Perwira dengan pangkat satu bunga melati emas ini menyebut, ada beberapa Desa yang menjadi sasaran penanaman pohon, seperti Desa Waenono, Desa Elfule, Desa Fatmite dan Desa Kamlanglale.


"Selain melakukan penanaman anakan yang berfungsi menghijaukan kota, ada juga beberapa tanaman produktif seperti cengkeh dan pala yang turut di tanam. Di kesempatan yang sama juga, ada pemberian bibit sayuran bagi masyarakat, " ungkap Kompol Syarifuddin. 


Pihaknya mengaku, tujuan dari pembagian bibit sayur salah satunya meningkatkan penghasilan dan taraf hidup masyarakat yang berkaitan dengan ketangguhan untuk lebih mandiri dalam ketersediaan pangan terutama pangan lokal, sehingga secara mandiri juga bisa menjadi usaha dan mengurangi ketergantungan dari daerah luar. 

Untuk penanaman ini Polres bekerja sama, dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bursel, para Kepala Desa (Kades) dan masyarakat yang di undang untuk melakukan penanaman serentak.


"Pembagian bibit sayur dan anakan tanaman produktif, di berikan kepada beberapa kelompok tani yang selama ini sudah kita lakukan kemitraan maupun pembinaan," tandasnya. 


Aksi Polres Bursel ini menuai pujian dari masyarakat. Salah satunya Ridwan, Pemuda asal desa Kamlanglale yang mengaku kegiatan penanaman 1.000 anakan pohon ini adalah kegiatan yang sungguh luar biasa.


"Kegiatan penanaman 1.000 anakan pohon dan pembagian bibit sayur bagi masyarakat yang dilakukan Polres Bursel sungguh luar biasa. Selain bisa menampakan wajah kota yang hijau, masyarakat juga bisa terbantu dari segi ketersediaan pangan lokal," tandasnya. (AL)

Baca Juga
Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama