Close
Close

Ayo Kenal Manfaat Folavit Untuk Promil

Manfaat Folavit untuk program hamil alias promil sangat banyak. Seperti diketahui, asam folat memang sangat penting untuk menjadi asupan untuk mereka yang sedang melakukan promil dan juga ibu hamil.

Bagi tubuh, asam folat berguna untuk membuat sel – sel baru dan menghasilkan DNA. Hal itu diperlukan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan normal sang janin. Kehamilan memang selalu menjadi momen istimewa yang mana setiap tindakan atau efek samping penggunaan obat akan bervariasi dibandingkan saat tidak hamil.


Hal itu selain disebabkan faktor metabolisme, namun hormon pada wanita hamil juga akan berbeda dengan berbagai perubahan lainnya yang terjadi. Kemudian, hal itu pun akibat berbagai obat yang dikonsumsi akan diterima juga oleh janin dan memiliki efek samping.


Oleh sebab itulah, ibu hamil perlu memperhatikan setiap obat yang akan dikonsumsinya, tak terkecuali saat ingin mengonsumsi vitamin promil seperti Folavit. Produk suplemen ibu hamil ini menawarkan manfaat yang sangat banyak.

Memang apa saja manfaat dari Folavit untuk promil dan ibu yang sedang mengandung? Yuk cari tahu jawabannya dengan menyimak ulasan di bawah ini!


1.       Menurunkan Risiko Bayi Cacat

Bunda perlu mengonsumsi makanan dengan kandungan asam folat sebelum pembuahan. Asam folat akan menyimpan suplai vitamin dalam tubuh yang nantinya dapat membantu mencegah kecacatan pada janin.


Melansir dari Jurnal Physiology of Folic Acid in Health and Disease, saat tubuh Bunda memiliki kadar asam folat yang cukup, maka hal itu bisa membantu menurunkan risiko cacat tabung saraf hingga 70%. Karena itu, folavit untuk promil sangat dibutuhkan.

Selain itu, manfaat folavit untuk promil pun dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung congenital dan risiko bayi lahir dengan berat badan rendah.


2.       Melancarkan Sirkulasi Haid

Manfaat folavit untuk promil selanjutnya adalah mampu meningkatkan kesempatan hamil. Dengan mengonsumsi asam folat yang cukup, maka hal itu bisa membantu memperlancar siklus haid Bunda.


Kandungan asam folat dalam folavit bisa membantu meningkatkan keteraturan siklus haid pada wanita yang mengalami sindrom ovarium polikistik (PCOS). Sebuah studi menunjukkan bahwa asam folat bisa mengatur siklus haid, terutama pada wanita dengan gejala PCOS.


Selain itu, asam folat pun berperan penting dalam pembentukan sel darah merah dan pertumbuhan sel – sel yang sehat, yang berdampak besar pada kesuburan dan kesehatan secara keseluruhan.


3.       Menyuburkan Sperma Laki – Laki

Selain bermanfaat untuk para Bunda, folavit juga ternyata berguna untuk meningkatkan kesuburan Ayah. Jadi, baik Bunda maupun Ayah perlu mengonsumsi folat yang cukup, ya!


Kadar folat dalam sperma nantinya akan dikaitkan dengan jumlah dan kesehatan sel sperma pria yang ada didalamnya. Bahkan stabilitas DNA buruk pada pria juga bisa ditandai dengan rendahnya kadar folat yang ada dalam tubuh.


4.       Membantu Mengatasi Depersi

Selain untuk kehamilan, manfaat folavit untuk promil juga ternyata baik bagi kesehatan mental. Penelitian Journal of Psychiatry & Neuroscience menemukan fakta bahwa orang – orang yang mengalami depresi memiliki asupan asam folat rendah.


Dari temuan tersebut kemudian disimpulkan bahwa asupan asam folat yang kurang menjadi penyebab tubuh tidak mampu merespons pengobatan antidepresan dengan baik. Oleh sebab itulah, Dokter mungkin akan memberikan resep vitamin asam folat untuk membantu tubuh agar bisa merespons pengobatan antidepresan.


Namun, perlu diingat bahwa kandungan asam folat dalam suplemen bukan alternatif terapi antidepresan konvensional.


Selain itu, masih ada manfaat folavit untuk promil lainnya yaitu membantu mencegah penyakit jantung, membantu mencegah obesitas dan diabetes, mencegah penyakit Alzheimer, mencegah kanker, dan mencegah preeklamsia.

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama