Close
Close

Dukung Kinerja Dinas Perikanan, Tasane Hadirkan Aplikasi SiMADAN

Namrole, Orasirakyat.com
Guna memaksimalkan pelayan kepada masyarakat dan memperlancar kerja dan kinerja Dinas Perikan Kabupaten Buru Selatan (Bursel) dalam mengelola data, telah hadir Inovasi kreatif dengan diciptakannya aplikasi Sistem Manajemen Informasi Data Perikanan Tangkap (SiMADAN).


Aplikasi SiMADAN ini digagas oleh Darwin Lord Tasane, S.Pi selaku peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan X Kabupaten Bursel Tahun 2024.


Kepada wartawan Tasane mengaku, kehadiran SiMADAN bukan hanya sekedar untuk memenuhi tuntutannya dalam mengikuti PIM III, namun SiMADAN ini diciptakan untuk mempermudah kerja Dinas Perikanan Bursel.


"Perlu diketahui aplikasi SiMADAN ini akan membantu kita dalam pengelolaan data perikanan secara lebih efektif dan efisien," terang Tasane, Jumat (26/7/2024).

"Kerja dari aplikasi ini juga akan memangkas proses panjang keluarnya data yang tadinya berbelit-belit menjadi cepat dan dalam waktu singkat," sambungnya.


Selaku Reformer, Tasane menjelaskan bahwa di era digital seperti sekarang ini, penguasaan teknologi informasi menjadi sangat penting, maka dengan adanya aplikasi SiMADAN, diharapkan proses pencatatan dan pelaporan data dinas Perikanan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan akurat.


"Kita sudah berada di era digitalisasi, maka konsep digitalisasi itu yang saya pakai untuk memberi kemudahan dalam seluruh kerja dan kinerja khususnya terkait data," tandas Tasane yang juga salah satu Kabid di Dinas Perikanan kabupaten Bursel ini.


Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bursel, Djafar Souwakil dikesempatan yang sama menyampaikan apresiasi atas peluncuran aplikasi SiMADAN tersebut.


"Saya berikan apresiasi atas hadirnya sistim aplikasi yang mendorong perbaikan dan percepatan kinerja pemerintah daerah khususnya di Dinas Perikanan. Semoga dengan kehadiran aplikasi SiMADAN, mampu menghasilkan kecepatan dalam pengolahan data," tutur Souwakil.


Ia berharap, semua pegawai yang ada di Dinas Perikanan bisa saling mendukung dalam mengimplementasikan aplikasi yang baru di launching tersebut.


"Kita semua berharap, kinerja Dinas Perikanan Bursel di masa mendatang terus mengalami perbaikan ke arah yang lebih baik. mari kita bersama-sama mendukung peningkatan kinerja Dinas Perikanan," tandasnya. (AL)

Baca Juga
Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama