Close
Close

Aksi Perubahan PKA, Seleky Sosialisasi Optimalisasi Peran Camat Dalam Pengelolaan SISKEUDES

Namrole, Orasirakyat.com
Salah satu peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Kabupaten Buru Selatan (Bursel) angkatan X tahun 2024, Yakub Seleky, SH melakukan terobosan baru dalam pengelolaan serta pengawasan penggunaan keuangan desa meliputi Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD).


Terobosan yang dilakukan Seleky ini selain memenuhi tuntutan inovasi dalam mengikuti PKA, juga bagian dari keterpanggilan dirinya sebagai anak negeri untuk menghadirkan manajemen dan kerja sama yang baik antara pemerintah kecamatan dan pemerintah desa dalam menata pengelolaan keuangan desa.


Kepada awak media, Rabu (7/8/2024) Seleky menyebut, di era digital saat ini peran pemerintahan desa menjadi semakin krusial dalam mengelola sumber daya guna memenuhi kebutuhan masyarakat, maka diperlukan manajemen pengelolaan Sistem informasi Keuangan Desa (SISKEUDES) yang baik dan benar.


Disamping itu, peran pemerintah kecamatan dalam hal ini Camat juga memiliki andil dalam melakukan pengawasan terhadap penggunaan dana desa.


Sebab, pembangunan ditingkat desa tidak hanya membutuhkan keberadaan pemerintahan yang efektif tetapi juga pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel serta pengawasan demi sejahteranya masyarakat di desa tersebut.


"Dalam konteks ini, banyak desa menghadapi tantangan dalam mengoptimalkan kapasitas pemerintahannya dan memanfaatkan teknologi informasi untuk pengelolaan keuangan yang lebih baik, untuk itu, kehadiran saya dalam aksi perubahan ini merupakan solusi penataan SISKEUDES yang baik dan benar," ujar Seleky di Namrole.

Dalam mencapai hal itu, kata Seleky, diperlukan pendekatan dan kalaborasi antara pemerintah kecamatan dan pemerintah desa sebagai upaya untuk memberikan panduan, pengetahuan, dan ketrampilan kepada aparatur desa lewat bimbingan teknis yang merupakan langkah strategis untuk menciptakan ekosistem pemerintahan desa yang lebih mandiri dan berdaya saing, serta menyelaraskan daya pikir aparatur pemerintah desa dengan arus modernisasi dalam tata kelola pemerintahan dan pengelolaan keuangan.


"Tujuannya adalah terciptanya kerja sama yang dibangun oleh pemerintah kecamatan dengan pemerintah desa dalam upaya meningkatkan kapasitas pemerintahan desa terkait pengelolaan keuangan desa berbasis SISKEUDES," imbuhnya.


Sehubungan dengan hal tersebut dan guna memberikan pemahaman yang lebih baik dan mendalam tentang konsep dan praktik terbaik dalam pengelolaan keuangan desa, serta memberikan wawasan teknis dalam penerapan sistem keuangan desa secara baik, Seleky yang juga Sekretaris Camat Fena Fafan ini melakukan sosialisasi tentang berbagai macam strategi agar penggunaan dana desa bisa dipakai sesuai peruntukannya.


Secara umum, lanjut Seleky strategi yang digunakan dalam pembinaan dan pengawasan adalah membangun komunikasi dan koordinasi meliputi koordinasi bersama pemerintah desa tentang pelaksanaan penyusunan RAPBDesa sesuai tahapan dan mengkomunikasikan panduan dan tata cara penyelenggaraan penyusunan RAPBDesa. 


Selanjutnya strategi fasilitasi, dimana startegi ini menekankan pentingnya peran pemerintah kecamatan untuk mendampingi pemerintah desa dalam pelaksanaan penyusunan RAPBDesa atau melakukan fasilitasi penguatan kapasitas pemerintahan desa dalam pelaksanaan penyusunan RAPBDesa sehingga mendapatkan kualitas pelaksanaan yang lebih baik sesuai petunjuk teknis dan regulasi yang ada.

Disamping itu, strategi konsultasi juga dianggap penting dalam memberikan bantuan teknis/advis untuk peningkatan kualitas penyusunan RAPBDesa dalam mendapatkan petunjuk, pertimbangan atau pendapat terkait permasalahan penyelenggaraan pemerintahan desa khususnya terkait dengan penyusunan RAPBDesa yang sifatnya mendesak serta menyangkut kepentingan masyarakat luas yang belum diatur secara tegas dalam peraturan perundang - undangan.


"Terakhir ada tahap monitoring dan evaluasi dimana tahapan ini untuk memastikan setiap penyusunan APBDesa dan pelaksanaan prosesnya sesuai dengan ketentuan dan kebutuhan masyarakat," tandasnya.


Aksi perubahan Seleky ini mendapat dukungan dan apresiasi penuh dari Camat Fena Fafan, Isak Solissa.S.AB.


Dimana, Camat memuji aksi Seleky yang mampu menghadirkan sejumlah strategi sebagai inovasi penggunaan dana desa yang baik demi terlaksananya kesejahteraan pembangunan di desa.


"Inovasi ini akan membangun ekosistem kerja sama yang baik antara pemerintah kecamatan dan pemerintah desa dalam penggunaan dana desa yang baik dan benar. Inovasi ini perlu diapresiasi," ucap Solissa.


Ia juga mendukung apa yang dilakukan Seleky sebagai Reformer dalam menghadirkan strategi - strategi brilian terkait penggunaan dan pengawasan anggaran desa.

"Atas nama pemerintah kecamatan Fena Fafan kami memberikan dukungan secara penuh implementasi PKA semoga aksi perubahan ini dapat bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat di kecamatan Fena Fafan," tandasnya.


Dukungan yang sama juga mengalir dari semua kepala desa yang ada di kecamatan Fena Fafan.


"Kami para kepala desa se-kecamatan Fena Fafan  mendukung penuh terhadap inovasi yang dilakukan oleh Peserta PKA, Pak Ayub Seleky. Semoga dengan aksi perubahan ini masyarakat Fena Fafan dapat menikmati kesejahteraan secara baik dan menyeluruh," tandas penjabat kepala desa Waekatin, Rooy Seleky. (AL)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama