Close
Close

Gelar Upacara Peringati HUT Ke-79 RI, Selsily Harap Bursel Lebih Maju

Namrole, Orasirakyat.com
Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Kabupaten Buru Selatan (Bursel) sukses menyelenggarakan Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi dengan penuh khidmat.


Acara ini berlangsung di lapangan alun-alun kota Namrole dan dipimpin oleh Wakil Bupati Bursel, Gerson Eliaser Selsily, Sabtu (17/8/2024).


Mengusung tema “Nusantara Baru Indonesia Maju,” upacara peringatan ini menjadi simbol semangat kemerdekaan yang terus membara di Kabupaten Bursel.


Wakil Bupati Gerson, yang bertindak sebagai Inspektur upacara, menyaksikan dengan seksama pembacaan Naskah Teks Proklamasi oleh Ketua DPRD Bursel, Muhajir Bahta.


Bertindak sebagai perwira upacara, Kabag Danramil 1506-02/Leksula Kapten Inf Abas Siolon, sebagai Komandan Upacara Danton I Kipan C 735/Nawasena, Lettu Inf Boy Rifka Oktochadra. 


Sementara Komandan Pasukan Paskibraka Danton II Kipan C 735/Nawasena, Letda Inf Akbar Arbain.

Kepada wartawan, Wakil Bupati Bursel Gerson Eliaser Selsily berharap dengan 79 tahun kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Kabupaten Bursel bisa lebih maju kedepan, sehingga masyarakat lebih sejahtera. 


"Bursel sebagai bagian dari Indonesia, di ulang tahun kemerdekaan yang ke 79 menjadi tonggak sejarah, untuk Bursel lebih maju lagi," kata Selsily, kepada wartawan, Sabtu (17/08/2024) 2024, di Alun-Alun Kota Namrole. 


Disamping itu Selsily mengaku, menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan berlangsung pada 27 November 2024 mendatang, masyarakat diminta untuk tetap menjaga keamanan dan kedamaian, terutama di wilayah Bursel. 


"Menjelang Pilkada, angin semakin kencang, tapi kami berharap ini tetap menjadi angin sepoi-sepoi yang akan menciptakan kedamaian di bumi Fuka Bipolo ini," ujar Gerson.

Menurutnya, Pilkada kali ini juga harus bisa membawa konsep perubahan bagi kemajuan daerah ini. Sebab, Bursel masih punya catatan dan Pekerjaan Rumah (PR) yang harus kita selesaikan bersama.


"PR kita banyak seperti angka stunting masih tinggi, kemiskinan juga masih ada, berbagai persoalan terkait internal pemerintahan juga masih ada yang perlu dibenahi untuk mewujudkan Bursel kedepan yang lebih baik," tutur Selsily yang juga Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Bursel ini. 


Ditempat yang sama, Ketua DPRD Bursel, Muhajir Bahta mengatakan seluruh warga negara Indonesia khususnya kabupaten Bursel harus bersyukur karena bisa merayakan 79 tahun NKRI.


79 tahun ini menurut Bahta sudah cukup matang sehingga kematangan dari umur yang cukup panjang itu bisa tertular ke masyarakat Kabupaten Bursel untuk lebih matang dalam menjemput perubahan, lebih matang mengisi kemerdekaan, lebih matang dalam proses demokrasi sehingga suasana kebersamaan dan kedamaian tetap terjaga.

"Kami yakin bahwa semangat patriotisme dari pahlawan kebangsaan mengorbankan jiwa raga mereka itu mesti dijiwai generasi muda khususnya abdi negara saat ini untuk mengisi kemerdekaan dengan karya pembangunan dan memperjuangkan kesejahteraan masyarakat," tandasnya.


Selain Wakil Bupati Bursel, Gerson E. Selsily turut hadir Setda Kab. Bursel Drs Ruslan Makatitta; Ketua DPRD Kab. Bursel Muhajir Bahta; Asisten II. Kab. Bursel, Hadi Longa; Asisten III Kab. Bursel La Ode Adam Malik; Wakapolres Bursel, Kompol Shyarifudin; Danramil 1506-02/Leksula, Kapten Inf Abas Siolon; Danton I Kipan C 735/Nawasena, Lettu Inf Boy Rifa Oktochadra; Danton II Kipan C 735/Nawasena, Letda Inf Akbar Arbain; Danton Brimob Bursel, Ipda Beny Dawy; Kepala Perhubungan Laut Johanis Johozua Paliama; Kepala Bandara Namrole, Deden Candra Kumala; Kemenag Kab. Bursel, Hj. Raba La Emba; pimpinan OPD Lingkup Pemda Bursel, PJU Polres Bursel, pimpinan Instansi Vertikal, seluruh Kepala Desa, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan tamu undangan lainnya.


Upacara HUT ini juga turut Disi dengan Drama Kolosal anak-anak Sekolah binaan Kapolres Bursel, AKBP M. Agung Gumilar yang dilatih perwira Polres Bursel, IPDA Bastian Tuhuteru. (AL)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama