Close
Close

Inovasi PKA Angkatan XI, Souwakil Sosialisasi Budidaya Ikan Lele Pakai BUDIKDAMBER

Namrole, Orasirakyat.com
Peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan XI Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Siti Samian Souwakil, S.Pi memperkenalkan inovasi budidaya Ikan Lele dengan baik dan benar melalui metode budidaya ikan dalam ember (BUDIKDAMBER).


Metode BUDIKDAMBER diperkenalkan Souwakil saat sosialisasi cara budidaya ikan Lele dengan baik dan benar yang berlangsung di Kantor Dinas Perikanan Kabupaten Bursel, Kamis (8/8/2024).


Souwakil kepada wartawan mengaku bahwa penerapan Budidaya Ikan Dalam Ember Atau Biasa Disebut BUDIKDAMBER dapat menjadi salah satu jawaban untuk memenuhi kebutuhan pangan rumah tangga.


"BUDIKDAMBER merupakan teknik budidaya ikan ramah lingkungan dan menjadi solusi potensial bagi pembudidaya yang memanfaatkan lahan atau pekarangan rumah dengan menggunakan air yang lebih hemat, dan mudah di lakukan oleh pembudidaya dengan modal yang relatif kecil," terang Souwakil.


Souwakil menjelaskan, tujuan sosialisasi selain menjadi bagian dari inovasi perubahan PKA XI tahun 2024, sosialisasi ini juga untuk meningkatkan produksi perikanan budidaya, memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam menerapkan BUDIKDAMBER serta memberikan manfaat bagi masyarakat dalam pemberdayaan usaha budidaya ikan lele.

"Sudah pasti dengan metode BUDIKDAMBER ini, masyarakat mendapat pengetahuan dan ketrampilan dasar tentang budidaya ikan lele dalam ember dan masyarakat bisa mengaplikasikannya di lingkungan masing - masing," ucapnya.


Ia menyebut, keunggulan dari metode BUDIKDAMBER selain bisa menghemat lahan dan biaya, metode ini dapat dipelajari dan diterpakan dengan muda serta dapat dilakukan oleh siapa saja.


"Metode MUDIKDAMBER ini mudah dan gampang, sementara untuk hasilnya pasti menghasilkan ikan lele yang berkualitas baik, jika metode ini dilakukan dengan benar," tandasnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bursel, M. Djafar Souwakil memuji langka inovasi yang di ambil Siti Samian Souwakil, S.Pi selaku Reformer Aksi Perubahan Kinerja Organisasi PKA Angkatan XI Tahun 2024.


Djafar menyebut Metode BUDIKDAMBER yang diperkenalkan oleh Reformer hadir sebagai alternatif yang inovatif dan efisien untuk menjawab tantangan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat akan sumber protein yang murah dan mudah diperoleh.

"Budidaya ikan lele menjadi salah satu solusi yang sangat potensial dan metode ini mudah diaplikasikan di berbagai kondisi, baik di perkotaan maupun pedesaan," ucapnya.


"Cara ini juga memiliki beberapa keunggulan di antaranya adalah hanya membutuhkan lahan yang minim, biaya yang relatif terjangkau, serta dapat dilakukan oleh siapa saja, termasuk ibu rumah tangga, pelajar, hingga para pensiunan," tambah Djafar.


Ia menyebut, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, budidaya ikan lele dengan metode BUDIKDAMBER harus dilakukan dengan memperhatikan kebersihan dan kesehatan lingkungan sebab lingkungan yang bersih dan sehat akan menjamin kualitas ikan lele yang di budidayakan.


Selanjutnya, pelaku budidaya harus disiplin dalam melakukan perawatan dan pemeliharaan yang konsisten, sebab hal tersebut sangat penting dalam budidaya ikan lele. 


Kedisiplinan ini meliputi pemberian pakan, mengontrol kualitas air, dan memantau pertumbuhan ikan akan sangat berpengaruh pada hasil akhir.


"Saya berharap, melalui sosialisasi ini, para peserta dapat menyerap ilmu dan keterampilan yang diberikan oleh para narasumber. Manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk bertanya dan berdiskusi, sehingga nantinya ilmu yang didapat dapat diterapkan dengan optimal di lapangan," pungkasnya.


Selaku kepala Dinas Perikanan, Djafar mengucapkan terima kasih kepada Reformer Siti Samian Souwakil, S.Pi dan tim kerja serta semua pihak yang telah berkontribusi dalam penyelenggaraan acara sosialisasi tersebut. 


"Semoga upaya kita dalam mengembangkan budidaya ikan lele di Kabupaten Bursel melalui metode BUDIKDAMBER ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, serta mendukung ketahanan pangan dan kesejahteraan kita bersama," tutupnya. (AL)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama