Close
Close

Pokjar UT Bursel Naik Kelas Jadi SALUT, Sejumlah Mahasiswa Dapat Beasiswa

Namrole, Orasirakyat.com
Kelompok belajar (Pokjar) Universitas Terbuka (UT) Kabupaten Buru Selatan (Bursel) menunjukan kemajuannya dalam bidang akademik maupun kemahasiswaan yang mana saat ini Pokjar UT telah naik tingkat menjadi Sentra Layanan UT (SALUT).


Beralih status dari Pokjar Bursel menjadi SALUT ini merupakan prestasi pertama untuk Pokjar UT yang ada di Maluku.


Peresmian Pokjar UT menjadi SALUT dan juga pemberian beasiswa ini berlangsung di halaman Kantor SALUT Bursel, dan diresmikan oleh Bupati Bursel, Hj. Safitri Malik Soulisa, Kamis (1/7/2024).


Turut hadir dalam peresmian dan launching Beasiswa SALUT, Direktur UT Provinsi Maluku (UT Ambon) Yuli Tirtariandi El Anshori; Bupati Bursel, Safitri Malik Soulisa; Sekda Bursel, Ruslan Makatitta; Pimpinan SALUT UT Bursel, Jusfri Titawael; Tim Asistensi SALUT Bursel, Said Sabi; Kabag Ren Polres Bursel, AKP. Jusuf Ali, pimpinan OPD, Para Asisten dan staf ahli Bupati Bursel, perwakilan Kodim 1506 Namlea, sejumlah penjabat kepala desa, para mahasiswa, dan tamu undangan lainnya.


Bupati Bursel, Hj. Safitri Malik Soulisa dalam sambutannya mengatakan, progres UT seiring dengan visi dan program pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Kyai Haji Ma'ruf Amin yang salah satunya adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia sebagai prioritas utama dengan mencetak sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas bagi seluruh masyarakat Indonesia tanpa terkecuali.


Menurut Soulisa, pendidikanlah yang membuka wawasan seluruh bangsa yang melahirkan karya-karya inovatif yang mengisi dan mencetak lapangan kerja untuk mensejahterakan masyarakat Indonesia.

Oleh karenanya, seiring dengan visi dan program pemerintah pusat maka kabupaten Bursel yang kemarin baru saja memasuki usia 16 tahun telah menjadikan pembangunan sumber daya manusia sebagai prioritas utama mulai dari pemerintahan periode pertama, kedua dan pada periode pemerintah saat ini juga masih menjadikan pembangunan sumber daya manusia sebagai mercusuar pembangunan peradaban masyarakat Bursel.

"Sumber daya manusia menjadi prioritas utama Pemerintahan Bursel sejak periode pertama hingga saat ini yang kami tuangkan dalam bentuk program beasiswa prestasi bagi pelajar dan mahasiswa," ungkapnya.


"Kita semua tentu tahu bahwa kemajuan suatu daerah tidak akan terlepas dari kualitas sumber daya manusia yang ada pada daerah tersebut apabila sumber daya manusia pada suatu daerah itu baik dan berkualitas tentu akan berdampak pada pesatnya kemajuan daerahnya," tambah Bupati.


Lanjutnya, Pemda Bursel telah berkomitmen untuk merealisasikan visi dan misi pemerintah, salah satunya adalah program beasiswa berprestasi bagi pelajar dan mahasiswa yang kurang mampu di Kabupaten Bursel.


Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia di Kabupaten Bursel di mana visi ini telah sejalan dengan visi pemerintahan presiden Jokowi maupun cita-cita nasional bangsa Indonesia yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.


"Oleh karenanya saya mengharapkan kepada pimpinan SALUT beserta jajarannya untuk dapat bersinergi dengan kami dalam rangka mewujudkan pencapaian cita-cita nasional bangsa kita terkhusus di daerah kabupaten Bursel," pintanya.


Soulisa menambahkan, Pemda Bursel memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada UT yang telah hadir di Kabupaten Bursel. 


"Terima kasih juga disampaikan kepada pimpinan UT Ambon yang telah memberikan beasiswa program studi pariwisata pada tahun 2020 sebanyak 25 orang dan beasiswa program studi manajemen pada tahun 2021 sebanyak 27 orang serta memberikan beasiswa pada tahun ini sebanyak 22 orang," ujarnya.


Kaitannya dengan itu, maka Soulisa berpesan kepada setiap calon mahasiswa yang telah diterima sebagai mahasiswa sekaligus menerima beasiswa agar dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baik dan bisa menjadi agen perubahan bagi kemajuan masyarakat Bursel.


"Manfaatkan kesempatan ini secara baik guna kemajuan masyarakat Bursel," tandasnya.


Sementara Koordinator SALUT Bursel, Jusfri Titawael menyebut total keseluruhan beasiswa adalah sebanyak 260 orang mahasiswa sedangkan untuk mahasiswa yang telah lulus dan wisuda pada tahun 2023 sebanyak 2 orang pada tanggal 16 Juli 2024, sementara yang mengikuti wisuda di UT Pusat sebanyak 4 orang kemudian pada bulan Agustus ini sebanyak 13 orang.


"Total keseluruhan mahasiswa untuk semester ini yang mendaftar  sebanyak 96 orang," ucapnya.


Pihaknya juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemda Bursel yang telah memberikan perhatian penuh dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia tak hanya dalam bentuk bantuan hibah tetapi lebih dari itu memberikan berbagai fasilitas penunjang penyelenggaraan pendidikan yaitu lokasi atau rumah yang dipakai pinjam oleh SALUT Bursel.


Kata Titawael, Pokjar Bursel itu sudah layak dinaikkan statusnya menjadi SALUT karena secara fasilitas dianggap bahwa Pokja Bursel sudah memenuhi unsur dan ditambah lagi dengan jumlah mahasiswa yang mendaftar dalam setiap tahun semakin bertambah.


UT Bursel yang diresmikan pada tahun 2019 melalui penandatanganan MoU antara Pemda Bursel dengan UT yang kemudian diberi nama Pokja saat ini mengalami berbagai kemajuan dan hal ini tak lepas dari kontribusi semua pihak terutama Pemda Bursel dan seluruh masyarakat.


"Untuk sarana dan prasarana juga sudah kami miliki secara fasilitas dianggap bahwa Pokja Bursel itu sudah memenuhi syarat ditambah lagi dengan tingkat jumlah mahasiswa dari tahun ke tahun itu semakin banyak dan terima kasih kepada setiap pihak yang telah berkontribusi," tutupnya.

Sementara Direktur UT Provinsi Maluku (UT Ambon), Yuli Tirtariandi El Anshori mengatakan untuk berkuliah di UT tidak perlu ragu, baik dari segi akreditas maupun keabsahan ijazahnya.


"UT adalah perguruan tinggi yang sudah berakaredias A dan berbadan hukum, jadi masyarakat tidak perlu ragu dengan UT. Sekedar diketahui, UT kemarin sudah meluluskan 1000 lebih CPNS dan PPK dan menjadi universitas terbanyak kedua setelah UGM yang memiliki jumlah mahasiswa terbanyak yang lolos CPNS," pungkasnya. (Al)

Baca Juga
Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama