Close
Close

Tiga Paslon Bupati dan Wakil Bupati Wajib Jalani Pemeriksaan Kesehatan

Namrole, Orasirakyat.com
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Buru Selatan (Bursel) melalui Kordiv teknis penyelanggaraan, Imran Loilatu menegaskan bahwa usai mendaftar, tiga (3) pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati wajib melakukan tes kesehatan di Ambon.


Tiga Paslon bupati dan wakil bupati Bursel yang akan menjalani pemeriksaan kesehatan diantaranya, La Hamidi dan Gerson Eliaser Selsily (LHM-GES), Safitri Malik Soulisa dan Hempri Lesnussa (SAH) serta Abdul Haris Wally dan Elissa Ferianto Lesnussa (Wally-Nussa).


"Paslon Wajib melakukan tes kesehatan di RSUD Haulussy Ambon di tanggal 1 dan 2 September 2024," ucap Loilatu kepada wartawan di Kantor KPU Bursel, Jumat (30/8/2024).


Menurut Loilatu, sesuai jadwal dan teknis pentahapan, usai pendaftaran, pasangan harus memasukan surat keterangan sehat jasmani sebelum di tetapkan sebagai calon dalam Pilkada Bursel 2024.


Katanya, pemeriksaan kesehatan bagi tiga balon bupati dan wakil bupati Bursel sebenarnya telah dimulai sejak tanggal 27 Agustus 2024 sesuai jadwal.


Namun karena selama dua hari (27 dan 28) tidak ada yang mendaftar, makanya pemeriksaan kesehatan balon bupati dan wakil bupati akan dimulai tanggal 29 Agustus 2024 hingga 2 September 2024.


"Jadi Paslon hanya bisa melakukan tes kesehatan di tanggal 2 September sebab tanggal 1 itu hari Minggu dan tidak ada pelayanan karena dokter libur," tandasnya.


Sekedar diketahui, tiga paslon bupati dan wakil bupati Bursel yang maju di Pilkada serentak tahun 2024 diantaranya, La Hamidi dan Gerson Eliaser Selsily (LHM-GES), keduanya diusung lima partai politik (Parpol) yakni Partai Amanat Nasional (PAN) tiga kursi, PKS dua kursi dan di dukung oleh Partai Hanura, Gelora serta PKN.


Safitri Malik Soulisa dan Hempri Lesnussa (SAH) diusung empat Parpol yakni PDIP tiga kursi, Golkar dua kursi, Perindo dua kursi dan PKB dua kursi dengan jumlah perolehan kursi DPRD Kabupaten Bursel sebanyak sembilan. 


Tak hanya itu pasangan balon bupati berjargon, SMS-BENO ini juga didukung Parpol non seat seperti, PBB dan Partai Umat.


Sedangkan, Abdul Haris Wally dan Elissa Ferianto Lesnussa (Wally-Nussa), diusung tiga Parpol yakni Nasdem dua kursi, PPP dua kursi dan Demokrat dua kursi.


Disamping itu, pasangan Wally -Nussa juga didukung sejumlah Parpol non seat diantaranya, Gerindra dan PSI. (AL)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama