Close
Close

Tiga Paslon Memenuhi Syarat, Kemana Arah Demokrat Di Pilkada Bursel?

Namrole, Orasirakyat.com
Partai Persatuan Pembangunan (PPP) telah menyatakan dukungannya untuk mengusung Pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati, Abdul Haris Wally dan Elisa Ferianto Lesnussa (Wally - Nussa) di Pilkada Buru Selatan (Bursel) dengan diberikannya Surat Keputusan Rekomendasi B1 KWK kepada pasangan tersebut pada Jumat (23/8/2024).


"Ia sudah fiks," ucap Ketua PPP Bursel, Muhlis Mahtelu saat dihubungi media ini, Sabtu (24/8/214).


Pemberian rekomendasi dengan Nomor 3441/KPTS/DPP/VIII/2024 semakin memantapkan langka Wally-Nussa untuk ada dalam konstalasi perebutan kursi Bupati dan Wakil Bupati Bursel periode 2024-2029 bersama dengan dua pasangan lain yang sudah lebih dulu memenuhi syarat dukungan partai politik yakni pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati, Safitri Malik Soulisa dan Hempri Beno Lesnussa, serta pasangan bakal calon Bupati dan wakil Bupati, La Hamidi dan Gerson Eliaser Selsily.


Wally - Nussa diketahui telah mengantongi rekomendasi partai NasDem (2 kursi DPRD) dan PPP (2 Kursi DPRD). Tak hanya itu, sejumlah partai non seat seperti PSI dan Gerindra pun sudah jauh-jauh hari memberikan dukungan kepada pasangan tersebut.


Sementara, pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati, Safitri Malik Soulisa dan Beno Hempri Lesnussa telah mengantongi 4 rekomendasi partai di antaranya PDIP (3 Kursi), Perindo (2 kursi), Golkar (2 kursi) dan PKB (2 kursi). 


Informasi yang diperoleh, partai non seat yang bergabung di pasangan ini adalah partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Gelora.


Sedangkan pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati yang cukup fenomenal dan telah memenuhi syarat juga yaitu La Hamidi dan Gerson Eliaser Selsily.


Pasangan tersebut sampai detik ini telah memenuhi syarat karena sudah mengantongi rekomendasi B1KWK partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).


Partai yang sampai saat ini belum menentukan pilihan adalah partai Demokrat (3 kursi). 


Sejumlah informasi yang berhasil dikumpulkan, partai milik Agus Harimurti Yudhoyono ini semakin kuat arah dukungannya ke pasangan Wally-Nusa karena ada koneksi "Istana" yang di pakai untuk merebut rekomendasi partai berlambang bintang mercy itu.


Namun isu ini bisa saja berubah, sebab saat ini ada kader partai Demokrat, Gerson Eliaser Selsily sementara berproses sebagai bakal calon wakiL bupati berpasangan dengan La Hamidi. 


Apalagi, Gerson Eliaser Selsily selain sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Bursel, pasangan Calon Bupatinya (La Hamidi-red) dikabarkan mendapat dukungan kuat dari mantan Gubernur Maluku, Murad Ismail (MI) yang sudah mengantongi rekomendasi partai Demokrat bersama pasangan Wakilnya, Michael Wattimena untuk perebutan kursi Gubernur Maluku periode 2024-2029.


Dengan demikian, pertarungan koneksi politik antara pasangan Abdul Haris Wally - Elisa Ferianto Lesnussa dan La Hamidi - Gerson Eliaser Selsily untuk merebut rekomendasi partai Demokrat semakin seru.


Kemanakah arah dukungan Partai Demokrat untuk Pilkada Bursel? Kita sama-sama menunggu dimanakah partai tersebut berlabuh. (AL)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama