Close
Close

BASIS: Bakal Berikan Modal Usaha Untuk Anak Muda dan UMKM

Namlea, Orasirakyat.com
Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Buru nomor urut 3, Aziz Hentihu-Gadis S. N. Umasugi melaksanakan kampanye perdana pada enam Desa, Kamis (26/9/2024).


Enak titik lokasi kampanye diantaranya Desa Air Buaya, Desa Wainibe, Desa Lamahang, Desa Ubung, Desa Karang Jaya dan Desa Namlea.


Kampanye perdana Paslon dengan tagline BASIS ini, didamping langsung oleh ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupatem Buru, M, Rum Soplestuni beserta anggota DPRD terpilih dan kader partai kualisi. Mereka adalah Hamid Banda, Amrullah Madani Hentihu, Bambang L. Buana, Taib Umasugi, Net Leslesy, Stefanus Waemese, M, Rum Soplestuni, Jaidun Saanun, Hamid Makatita dan Arifin Latbual.


Dalam kampanye perdana ini BASIS menyampaikan 2 program utama yang termuat dalam visi Menata Kota, Membangun Desa.

Kedua program tersebut adalah Program Modal Usaha Untuk Ibu-Ibu Mantu dan Modal Usaha Untuk Anak Muda dan UMKM, sementara program kedua yakni Layanan Program Puskesmas Keliling Gratis (Laris) untuk masyarakat Kabupaten Buru.


Gadis S. N. Umasugi dalam sambutan kampanye perdana, mengatakan dirinya maju dalam Pilkada Buru untuk mewakili kaum perempuan dan anak muda.


"Beta yakin sung anak muda dan ibu-ibu akan bersama-sama dengan beta untuk memenangkan Paslon nomor urut 3 di Kabupaten Buru di tanggal 27 November nanti,"katanya.


Gadis sampaikan, Paslon BASIS memiliki 10 program untuk masyarakat Kabupaten Buru, salah satunya program bantuan usaha untuk Ibu-ibu yang diberi nama "Mantu".


"Jadi ibu-ibu yang punya usaha dan masih memiliki kekurangan dana, bisa dibantu lewat program Mantu,"ungkapnya.

Kata Gadis, dirinya yang mewakili anak muda dan kaum perempuan dalam Pilkada Buru 2024, maka Paslon BASIS juga membuat program bantuan usaha untuk anak muda dan UMKM.


"Program ini bisa membantu anak-anak muda yang baru selesai kuliah dan belum mendapatkan pekerjaan, bisa memulai usaha dengan diberikan modal,"jelasnya.


Sementara Aziz Hentihu selaku Calon Bupati Kabupaten Buru, menambahkan bahwa Paslon nomor urut 3 juga memiliki program Layanan Puskesmas Keliling Gratis yang diberi nama (Laris).


"Kita ada program Layanan Puskesmas Keliling yang disebut Laris, untuk 10 kecamatan di Kabupaten Buru,"tambahnya.


Cabup nomor urut 3 ini mengatakan, jika Paslon BASIS terpili dalam Pilkada Buru 2024, dirinya bakal membuat progam yang memberikan insentif buat perangkat adat dalam setiap bulan.


"Beta sedih, melihat pemangku adat hanya dipakai saat momentu adat dan penjemputan saja, jika tuhan izinkan beta jadi bupati pasti beta bikin program itu," tegasnya.


Aziz bilang, dirinya juga ingin menambahkan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Anggaran untuk Badan Permusyawaratan Desa (BPD), jika terpilih nanti.


"Kita akan menambahkan ADD dan anggaran Operasional BPD," pungkasnya. (LTO)

Baca Juga
Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama