Close
Close

Hehanusa: Segel, Kotak Suara dan Kabel Ties Tiba di Namrole

Namrole, Orasirakyat.com
Sebagian logistik Pilkada Gubernur dan wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati di kabupaten Buru Selatan (Bursel) tiba di Namrole, kabupaten setempat, Kamis (26/9/2024).


Kepada wartawan, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Bursel, Husni Hehanusa menjelaskan bahwa logistik yang masuk itu meliputi segel, Kotak suara dan kabel ties.


"Sebagaimana yang kita lihat tadi, logistik yang masuk itu kabel ties 2.136, kemudian segel 6.602 dan kota suara berjumlah 328," ungkapnya.


Ia merincikan, untuk kabel ties dan kotak suara sudah sesuai dengan kebutuhan, tetapi untuk segel sebanyak 6.602 hanya untuk kebutuhan pemilihan Bupati dan wakil bupati karena sesuai kebutuhan harus 7.890. Sisa yang belum datang untuk kebutuhan pemilihan gubernur dan wakil gubernur masih menunggu dari provinsi.

"Jadi yang masuk ini segel untuk pemilihan bupati dan wakil bupati saja tapi segel untuk pemilihan gubernurnya belum masuk itu nanti dari provinsi," terangnya.


Terkait kotak suara, Hehanusa menyebut yang datang sudah termasuk dengan cadangan untuk setiap TPS.


"Kita punya TPS 158 dan 6 kecamatan, jadi kotak suara yang masuk berjumlah 328 dimana 328 ini sudah termasuk cadangan 2 untuk setiap Kecamatan," terangnya.


Ia menyebut, logistik yang masuk adalah logistik tahap pertama tapi juga belum semuanya, untuk logistik yang belum masuk ke KPU Bursel masih dalam perjalanan dan yang lain masih dalam tahap produksi.


"Ini kan logistik tahap 1, ada beberapa jenis juga tahap 1 yang belum masuk seperti tinta, bilik dan beberapa jenis lain, kami sedang menunggu kedatangannya," tutupnya.


Pantauan media ini, sebagian logistik Pilkada ini bergerak dari pelabuhan Galala Ambon menggunakan Kapal Fery menuju pelabuhan Namlea, Kabupaten Buru. Selanjutnya Logistik ini bergerak ke Namrole, Kabupaten Bursel tepatnya ke Gudang Logistik KPU Bursel di desa Lektama.


Tiba di KPU Bursel, logistik kabel ties diterima pihak KPU dengan nomor tanda terima 01/PP.09.3-BATS/8109/2024. Sementara Segel dengan nomor 02/PP.09.3-BATS/8109/2024. Sedangkan kotak suara dengan nomor 03/PP.09.3-BATS/8109/2024. Logistik tersebut belum disortir.


Proses pengiriman logistik Pilkada  2024 ke kabupaten Bursel mendapat pengawalan ketat dari pihak kepolisian. Ketua Bawaslu Bursel, Robo Souwakil pun terlihat hadir untuk melakukan pengawasan terhadap kedatang logistik tersebut. (AL)

Baca Juga
Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama