Close
Close

Indonesia Butuh Rp. 4.000 Triliun Untuk Lawan Perubahan Iklim

Jakarta, Orasirakyat.com
Menteri Keuangan Sri Mulyani menyatakan bahwa Indonesia membutuhkan Rp 4.000 triliun (US$ 281 miliar) untuk melawan perubahan iklim, yang setara dengan 1,1 kali Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahunan. 


Dana sebesar itu diperlukan untuk mendanai berbagai upaya mitigasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim.


"Indonesia membutuhkan US$ 281 miliar atau mungkin bagi audiens yang sulit membayangkan seberapa besar uang itu, saya akan terjemahkan itu sekitar Rp 4.000 triliun," ujar Sri Mulyani dalam Indonesia Sustainable Forum, Jakarta, kemarin.


"Anggaran ini sama dengan 1,1 kali total APBN setiap tahun Indonesia," sambungnya.


Namun, lanjut Sri Mulyani, APBN sendiri tidak mencukupi untuk menutupi seluruh kebutuhan pendanaan tersebut. 


Oleh karena itu, pemerintah terus berupaya melibatkan sektor swasta dengan menggunakan berbagai insentif fiskal, seperti tax allowance, tax holiday, dan pembebasan bea masuk. 


"Pemerintah terus berusaha tidak hanya dengan mengalokasikan APBN, tapi juga menggunakan instrumen fiskal seperti tax allowance, tax holiday, pembebasan bea masuk dan sebagainya," kata dia.


Selain itu, pemerintah juga telah menciptakan instrumen finansial seperti Green Sukuk dan Blue Bonds, yang telah berhasil menarik investasi senilai US$ 7,07 miliar dari 2018 hingga 2023.


"Pendekatan pembiayaan kreatif ini diharapkan dapat mempercepat upaya Indonesia dalam menghadapi tantangan perubahan iklim," tandasnya. (AS)

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama