Close
Close

Konsistensi Agil Rumakat Terhadap Partai Golkar

Penulis : Ferdi Suwakul 
Wartawan Orasirakyat.com Biro SBT

Kabupaten Seram Bagian Timur telah memasuki usia yang terbilang dewasa, karena telah ada pada usia 20 Tahun lebih terlepas dari Kabupaten induk Maluku Tengah. Perjalanan Pemilihan Kepala  daerah di SBT dimulai dari tahun 2005 yang berhasil mengantarkan Abdullah Vanath menjadi Bupati pertama memimpin Daerah ini, pada periode berikutnya tahun 2010-2015, Abdullah Vanath Kembali lagi terpilih setelah mengalahkan Abdul Mukti Keliobas.


Pada pilkada 2015 Abdullah Vanath mendorong Wakilnya Siti Umuria Suruwaky bertarung melawan Abdul Mukti Kelibas-Fahri Husni Alkatiry, dan akhirnya Siti Umuria yang didukung mantan Bupati SBT 2 Periode tersebut kalah, semua ini didesain rapih oleh sang maenstro Agil Rumakat, sosok tangan dingin yang mengantarkan kemenangan Abdul Mukti Keliobas. dan pada pilkada tahun 2020, Agil Rumakat Kembali menjadi super hero memenangkan Mukti Keliobas melanjutkan periode keduanya.

Sosok tangan dingin serta komitmen Agil Rumakat tidak bisa lagi diragukan pada kanca politik lokal ini, komitmen dan konsistennya terhadap Partai Golkar tidak bisa diragukan lagi dan tidak ada tawar-menawar, bahkan pada kondisi kritis menjelang dikeluarkan rekomendasi untuk bakal pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati oleh DPP partai Golkar, sosok Agil yang juga ketua DPD II Golkar SBT ini Namanya sempat hilang dari rekomendasi, namun berkat kegigihan, kerja keras, serta konsistennya selama ini akhirnya berbuah manis setelah Namanya direkomendasikan Partai berlambang beringin tersebut.


Komitmen Agil Rumakat untuk maju sebagai Calon Bupati Seram Bagian Timur pada pemilihan serentak tahun 2024 ini, telah dirancang rapi semenjak 5 tahun lalu, sehingga atas dasar komitmen tersebut, dirinya tidak lagi maju sebagai calon anggota DPRD SBT maupun DPRD Provinsi Maluku seperti rekan-rakan lainnya di DPRD SBT, ada yang memilih maju di DPRD Kabupaten dan ada yang memilih naik kelas bertarung ke DPDR Provinsi Maluku.

Komitmen untuk maju pada Pilkada tahun 2024 dengan partai Golkar telah dibuktikan oleh Agil Rumakat setelah mendaftar di KPU Seram Bagian Timur pada tanggal 29 September 2024, hal ini tentu menjadi cerminan dan panutan bagi generasi berikutnya, bahwa komitmen adalah Marwah seorang politisi, sehingga harus dijaga dengan baik agar itu menjadi modal dasar kepercayaan Rakyat terhadap dirinya.


Sosok Agil Rumakat tidak asing bagi seantero Kabupaten Seram Bagian Timur yang terdiri dari 15 Kecamatan dan 198 Desa, karena sang tangan dingin ini selalu mendampingi Abdul Mukti Keliobas pada setiap perhelatan, sehingga membuat dirinya dikenal dan selalu dikenang. Sang maenstro selalu berapi-api di panggung kampanye, bahkan sesekali menunjukan kelakar yang membuat para simpatisan dan pendukung tidak jenuh saat dirinya berkampanye. Bahkan gelagat atau sikap yang ditunjukan Agil Rumakat saat berada diatas mimbar kampanye membuat para pendukung terus mengingat apa yang disampaikan bahkan sampai saat ini menjadi istilah di semua kalangan “NAMULI KAU WALUK OOOOO”. Kalimat yang sering diutarakan Politisi partai Golkar ini menjadi konsumsi orang saat berkumpul dan bersenda gurau.


Untuk menunjang kerja-kerja politiknya, Agil Rumakat telah membentuk satu Komunitas yang diberi nama BARAKAT (Barisan Agil Rumakat), komunitas ini terus bergerak dan bekerja untuk kemenangan Agil Rumakat. Komunitas ini tersebar pada 15 Kecamatan di Seram Bagian Timur semenjak dideklarasikan, komunitas ini terus mensosialisasikan Agil Rumakat, baik di Tengah-tengah Masyarakat maupun pada Platfom media sosial, sehingga sosok Agil telah mengakar karena disosialisasikan secara massif.


Pada pilkada tahun 2024, Agil Rumakat menggandeng salah satu anak adat di SBT untuk mendampingi dirinya, yakni Abdullah Enver Rumarey Wattimena yang merupakan raja negeri kataloka, kecamatan Pulau Gorom. Duet Agil Rumakat dan Enver Abdullah Rumarey Wattimenna dengan akronim ADAT tentu memiliki magnet tersendiri, karena basis elektoral raja Kataloka juga tidak bisa diragukan, sehingga pasangan ini memiliki kans yang tinggi untuk pilkada SBT tahun 2024. 


Selain komitmen, Agil Rumakat dikenal sangat tegas dan humoris, sehingga siapa pun yang pernah kenal dan berada disampingnya selalu mengingat semua itu. Selain komitmen, tegas dan humoris, politis partai Golkar ini sangat komunikatif terutama dengan generasi muda di Daerah ini. Pria yang biasa disapa kena (tetua) Barakat ini dalam kesehariannya selalu bergaul dan berbaur tanpa memandang latar belakang, kapasitas maupun umur. Semuanya dianggap sama dimata Agil Rumakat sehingga kemunculan dirinya dalam pesta 5 tahunan ini disambut baik oleh semua kalangan. 


Agil Rumakat dalam karir politiknya bersama Partai Golkar di Kabupaten Seram Bagian Timur, telah mengantarkan dirinya menjadi anggota DPRD SBT bahkan pernah menduduki posisi strategis sebagai ketua DPRD SBT periode 2014-2019 dan periode 2019-2024 sebagai wakil ketua DPRD SBT, sehingga partai golkar bagi dirinya adalah mutiara yang harus dijaga dengan baik sehingga tidak berpindah ke tangan yang salah, hal ini terlihat juga pada saat perebutan tiket rekomendasi untuk maju Bupati, dirinya dari awal selalu fokus untuk mendapatkan rekomendasi dari partai yang selama ini telah membesarkannya.

#GOLKAR

#AGILRUMAKAT

#BARAKAT

#ADAT

Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama