Close
Close

Masyarakat Adat Wael Baca Semaket Untuk Memenangkan Aziz-Gadis

Namlea, Orasirakyat.com
Masyarakat adat di Desa Lele, Kecamatan Lolongguba, Kabupaten Buru, membaca Semaket untuk Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati, Aziz Hentihu-Gadis S. N. Umasugi, Sabtu (28/9/2024).


Pembacaan Semaket atau sumpah ini dilakukan oleh masyarakat adat untuk Paslon nomor 3 tersebut berisi tentang pengakuan Jou Leisela Aziz Hentihu adalah keturun dari keluarga Wael.



Usai pembacaan Semaket, kepala adat Desa Lele, Wamana Banto Wael, menegaskan bahwa Paslon nomor urut 3 Aziz-Gadis bakal dimenangkan oleh masyarakat Petuanan Kaiely dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Buru 2024.


Aziz hentihu selaku Calon Bupati Kabupaten Buru, mengatakan bahwa ada tanda-tanda alam yang direstui para datuk dan moyang-moyang yang ada di bumi Bupolo ini, akan bersama-sama dengan Paslon nomor urut 3 Aziz-Gadis.


"Katong sebagai anak adat, pasti tahu simbol-simbol dan pertanda alam,"katanya.


Kata Aziz, jabatan dirinya sebagai jou Leisela adalah jabatan yang berasal dari genologi. Maka dirinya bisa menerima jabatan sebagai jou atau raja Leisela.


Aziz ungkapkan kedepan jika dirinya terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Buru 2024-2029, dirinya akan membuat program kartu pemangku adat dan diberikan insentif setiap bulannya.


"Begitupun dengan para tokoh-tokoh agama,"ungkapnya.


Dalam kesempatan tersebut, Cabup Aziz Hentihu juga meminta kepada pemangku dan masyarakat adat Desa Lele, Kecamatan Lolongkuba, untuk mendoakan serta mendukung Pasangan BASIS dalam Pilkada Buru 2024.


"Semoga kami bisa menjadi pemimpin yang baik dan bertangungjawab jika terpilih nanti,"pintanya.


Aziz menyampaikan bahwa sampai saat ini belum ada rumah Baeleo di Ibu Kota Kabupaten Buru, jika dirinya terpilih nanti salah satu program yang akan dibuat yakni pembangunan rumah pamali atau Baeleo di Ibu kota kabupaten.


"Itu wajib dibangun, apapun yang terjadi harus dibuat,"pungkasnya. (LTO)

Baca Juga
Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama