Close
Close

Ketua KPU Bursel Sambut Hangat Kedatangan Pjs. Bupati

Namrole, Orasirakyat.com
Ketua KPU Bursel, Husni Hehanusa menyambut hangat kedatangan Pjs. Bupati Buru Selatan (Bursel), Husen yang bertandang ke Kantor KPU, Senin (7/10/2024).


Husen melakukan kunjungan kerja ke Komisi Pemilihan Umum (KPU)  dalam rangka menjalin silahturahmi sekaligus memantau perkembangan penyelenggaraan Pilkada 2024.


Dalam kunjungannya, Husen menyampaikan beberapa hal yang intinya memperkuat kerjasama antara pemerintah daerah dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bursel dalam menyukseskan Pilkada. 


"Karena KPU dan pemerintah daerah merupakan unsur penting suksesnya Pilkada serentak tahun 2024," ujar Husen.


Selain silaturahmi tujuan utama ke KPU juga adalah untuk mengetahui data yang berhubungan dengan tahapan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024, seperti pencetakan logistik Pilkada dan perlengkapan lainnya. 


"Mungkin secara tertulis kita bisa dapatkan data agar kita juga bisa melakukan pemantauan langsung kira-kira sampai di mana proses tahapan, terutama surat suara," ujar Husen.


Selanjutnya, Husen menanyakan terkait rencana dari debat kandidat yang akan digelar selama 3 kali oleh pihak KPU. 


"Kita juga ingin memastikan, bahwa untuk debat kandidat sudah direncanakan dengan baik sebab kita akan melaksanakan rapat Deks Pilkada yang akan dihadiri oleh seluruh Forkopimda, termasuk Kapolres, Kajari, Dandim dan seluruh OPD termasuk Bawaslu," ujarnya.


Selain Bawaslu, katanya, kepala desa dan camat akan terlibat dalam pembicaraan mengenai kondisi terkini masyarakat dalam mengahadapi Pilkada.


Hal ini penting karena kepala desa dianggap sebagai pihak yang paling mengetahui kondisi di lapangan, mengingat mereka merupakan pemimpin langsung yang dekat dengan masyarakat. 


"Jadi diskusi ini bertujuan untuk memastikan bahwa penyelenggaraan Pilkada berjalan dengan aman dan sesuai dengan kebutuhan serta dinamika yang ada di masyarakat," paparnya.


Ia berharap, KPU dan Bawaslu dalam pelaksanaan dan pengawasan jalannya Pilkada mampu menciptakan kondisi yang betul-betul aman, damai dan tentram. 


"Silaturahmi awal ini akan disertai atau dilanjutkan dengan silaturahmi-silaturahmi berikutnya, karena kerjasama kita antara Pemda, Bawaslu dan KPU Bursel dapat menciptakan Pilkada yang aman dan damai," tutupnya.


Menanggapi kunjungan itu, Ketua KPU Bursel, Husni Hehanussa mengucapkan terima kasih karena kunjungan Pjs. Bupati Bursel ini adalah suatu kehormatan yang sangat luar biasa.


"Silahturahmi ini adalah sesuatu yang luar biasa, karena Pak Pjs Bupati langsung ke kantor untuk kunjungi kami," ujar Hehanussa.


Ia menegaskan, dalam pelaksanaan tahapan maupun persiapan Pilkada serentak tahun 2024 ini, tidak harus KPU sendiri yang menyukseskannya namun perlu semua pihak termasuk Pemda Bursel. 


"Suksesnya Pilkada butuh sinergitas antara KPU dengan Pemda, Polres, Kodim dan elemen-elemen dan itu memang penting," ungkapnya.


Lanjutnya, setiap lembaga-lembaga tersebut akan melaksanakan tahapan itu berdasarkan fungsi lembaganya masing-masing dalam melaksanakan Pilkada. 


"KPU yang menyelenggarakan teknisnya, tidak bisa kami pungkiri kalau kehadiran pemerintah daerah sangat penting demi suksesnya Pilkada serentak tahun 2024 ini," tutupnya. (AL)

Baca Juga
Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama