Close
Close

Mandiri Dengan UMKM, LHM-GES Bangga Dengan Masyarakat Wali

Namrole, Orasirakyat.com
Calon Bupati dan wakil bupati Buru Selatan (Bursel) La Hamidi - Gerson Eliaser Selsily (LHM-GES) memiliki perhatian terhadap pemberdayaan masyarakat di Buru Selatan (Bursel), tak terkecuali di Desa Wali. 


Hal ini diungkapkan LHM-GES saat berkampanye tatap muka dengan warga desa Wali, kecamatan Namrole, Kamis (3/10/2024) di destinasi kuliner desa tersebut.


Dengan fokus pada kemandirian ekonomi melalui UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah), calon Bupati La Hamidi ingin membantu masyarakat desa mengelola usaha mereka secara mandiri dan berkelanjutan jika terpilih dalam Pilkada 27 November nanti.


"Politik adalah pengabdian, dan jika kami terpilih maka insya Allah UMKM disini akan semakin baik. Kami ingin jadi pelayan bagi masyarakat Bursel termasuk masyarakat desa Wali," tuturnya.


"Pelayan bagi petani, pelayan bagi nelayan, pelayan bagi pengusaha UMKM. Ini yang akan kami dorong," tambahnya.


Ia merasa bangga, saat ini masyarakat desa Wali mampu mandiri dengan Usaha Mikro, Kecil, dan Meneng (UMKM) yang mereka tekuni tanpa bergantung pada bantuan eksternal.


Dengan inovasi ini, masyarakat desa Wali telah menciptakan lapangan kerja sendiri tanpa bergantung kepada pemerintah daerah.


"Saya bangga dengan masyarakat Desa Wali karena memiliki kreatifitas, memiliki pemikiran usaha yang positif karena mampu mengembangkan UMKM tampa campur tangan pemerintah," ucapnya. 


Selain itu, LHM juga berkomitmen untuk menjadikan Desa Wali memiliki identitas yang kuat melalui ikon lokal, yaitu "Embal". 


Langkah ini menjadi program khusus bagi LHM-GES karena masyarakat desa Wali memiliki kemistri dengan makan tradisional asal Key tersebut.


Selain itu juga, dengan icon "embal" bisa menjadikan desa Wali lebih dikenal luas di Maluku dan Nasional.


"Selain UMKM, produk-produk lokal juga akan kita tingkatkan bahkan icon 'Embal' akan kami jadikan sebagai icon desa Wali," paparnya.


Sementara itu, calon wakil bupati, Gerson Eliaser Selsily (GES) mengaku UMKM yang sementara ditekuni sebagian masyarakat desa Wali harus didukung dengan sarana dan prasarana diantaranya modal dan transportasi.


Sebab, jika ada ketersediaan modal dan transportasi yang mendukung destinasi kuliner desa Wali, maka akan semakin banyak orang yang datang berbelanja dan bukan saja masyarakat kota Namrole, namun bisa jadi akan ada pengunjung dari luar Bursel yang hanya datang untuk mengunjungi desa Wali.


"Destinasi kuliner ini harus didukung dengan modal dan sarana seperti transportasi supaya banyak pembeli bisa ke sini. Dari situ destinasi kuliner desa Wali akan menjadi bahan perbincangan dimana-mana," ungkapnya.


"Fasilitas modal, transportasi dan promosi itu perlu di lakukan secara kontinyu, dengan begitu income bisa dinikmati bukan hanya masyarakat desa namun pendapatan daerah juga bertambah," sambungnya. 


Ia menyebut, Desa Wali butuh sentuhan, butuh perhatian dari pemerintah daerah, tapi sampai saat ini bantuan - bantuan itu tidak tau lari kamana dan tidak tau siapa  yang menikmati.


"UMKM di desa Wali akan tumbuh lebih pesat lagi jika ada campur tangan dari pemerintah dan itu akan LHM-GES buat jika kami terpilih," tambahnya


Wakil Bupati petahana ini mengungkapkan, ada anggaran yang dikucurkan dari pemerintah pusat untuk desa-desa yang memiliki lokasi wisata, namun dirinya tidak mengetahui kemana anggaran tersebut diberikan.


"Beberapa waktu lalu ada anggaran yang dikucurkan oleh pemerintah pusat bagi desa -desa yang memiliki destinasi wisata tapi saya juga tidak tau apakah di desa wali kebagian atau tidak," ungkapnya.


Dikesempatan itu, ia berharap masyarakat desa Wali bisa mendoakan dan memilih pasangan LHM-GES supaya program-program pemberdayaan bisa disalurkan ke masyarakat secara baik dan terstruktur termasuk ke desa Wali.


"Kami minta doa dan dukungannya supaya ditanggal 27 nanti kami bisa terpilih dan menjalankan seluruh program kami. Pilih pemimpin itu yang mementingkan kepentingan orang banyak, bukan keluarga, bukan anak atau saudara-saudaranya," pintanya.


Pantauan Orasi Rakyat, masyarakat yang hadir sebagian besar ibu-ibu, namun mereka begitu antusias dengan kehadiran LHM-GES yang hadir untuk memaparkan visi, misi dan program kerjanya.


Terlihat, kehadiran pasangan dengan nomor urut 1 di desa Wali juga bersama tim pemenangan, tim relawan dan Satgas. Bahkan ada dua mantan Sekda Bursel yakni Iskandar Walla dan Umar Mahulette pun terlihat mendukung pasangan ini dengan kehadiran secara terang-terangan di tenda lokasi kampanye. (Tim)

Baca Juga
Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama