Close
Close

Relawan di Bursel Bagi Ratusan Bansos Jokowi

Namrole, Orasirakyat.com
Relawan Jokowi pada Sabtu, 19 Oktober 2024, menyalurkan ratusan Bantuan Sosial (Bansos) dari Presiden Joko Widodo di hari terakhir masa jabatannya kepada masyarakat yang membutuhkan di Kecamatan Namrole, Kabupaten Buru Selatan (Bursel). 


Penyaluran bansos ini dilakukan dengan pendampingan dari Kepala Dinas Sosial serta perwakilan dari Polres Bursel. Asisten II Setda Bursel, Hadi Longa, turut hadir di salah satu lokus yang berlangsung di Desa Masnana, Kecamatan Namrole, Kabupaten Bursel.


"Hari ini, saya didampingi Kepala Dinas (Kadis) Sosial, yang mewakili Polres Bursel, hadir untuk mendampingi para relawan, untuk membagi bansos dari Presiden, kepada masyarakat di Kabupaten Bursel, " ujar Asisten II Setda Bursel Hadi Longa, kepada Suara Buru Selatan, Sabtu, 19 Oktober 2024, disela-sela pembagian bansos di Desa Masnana, Kecamatan Namrole, Kabupaten Bursel. 


Ia mengaku, ratusan bansos tersebut hari ini mulai dibagikan di sejumlah Desa, seperti Desa Elfule, Fatmite, Lektama dan Masnana. Bansos tersebut diberikan langsung oleh relawan yang ditugaskan memberikan bansos langsung kepada penerima manfaat yang datanya telah disiapkan oleh Dinsos Bursel. 


Sementara kordinator relawan Yuliawati Batuwael, menegaskan berulang kali dalam setiap pembagian di sejumlah Desa, bahwa bansos tersebut, merupakan bantuan dari Presiden Jokowi, meski beliau tidak jadi mengunjungi Namrole beberapa waktu lalu.


"Bansos ini, murni bansos Presiden di akhir periodesasi kepemimpinannya bukan bantuan dari Pemkab maupun dari kandidat manapun, mengingat pembagian saat ini ditengah-tengah masa kampanye. Sehingga pembagian bansos ini dapat disalah artikan,  " ujar Batuwael. 


Ia menyebut, jika ada pihak-pihak tertentu yang datang setelah pembagian bansos dan menyatakan bahwa bansos itu dari pihak tertentu, maka itu adalah penipuan.


"Jika ada yang klaim bansos ini dari pihak tertentu atau kandidat tertentu maka jangan dipercaya," tegasnya.


Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Namrole, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Kadek Bobi mengaku, apa yang pihkanya lakukan saat ini semata-mata membantu kelancaran distribusi bansos sembako dari Presiden RI Joko Widodo. 


"Kami dari kepolisian memfasilitasi kelancaran, pengawalan untuk bagaimana bantuan ini bisa tersampaikan kepada masyarakat yang layak untuk menerima, " ujar Bobi. 


Salah datu warga Desa Labuang Yusuf Wamasa mengucapkan terima kasih kepada Presiden atas bantuannya, meski tidak sempat hadir di Bursel bertemu dengan masyarakat. 


"Kita tahu besok beliau sudah tidak lagi menjabat sebagai Presiden, tapi mungkin pada waktunya, beliau menjadi orang yang terkenal di seluruh dunia, " ucap Yusuf. 


Salah satu warga desa Namrinat Feronika Nurlatu, mengaku sangat senang dengan bantuan yang diterima. "Terima kasih buat bantuan yang sangat membantu kita masyarakat kecil, " tutur Nurlatu. 


Ratusan bansos tersebut dibagikan di 10 Desa yang tersebar di Kecamatan, yakni Desa Namrinat 44 paket, Desa Lektama 39 paket, Desa Fatmite 29 paket, Desa Waefusi 29 paket, Desa Elfule 33 paket, Desa Waenono 20 paket, Desa Kamlanglale 47 paket, Desa Labuang 20 paket, Desa Masnana 30 paket, Desa Waly 37 paket. 


Penyaluran bansos tersebut disalurkan langsung oleh relawan, yang turut disaksikan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bursel yang diwakili Asisten II Setda Bursel Hadi Longa dan Kadis Sosial Rudy Wasahua, diawasi oleh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), dan dikawal oleh Kepolisian Resor (Polres) Bursel, yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Namrole, AKP Kadek Bobi Harta Setiadi dan 20 personel. (Tim)

Baca Juga
Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama