Close
Close

Revisi, KPU dan Bawaslu Sebut Minggu Surat Suara Tiba di Namrole

Namrole, Orasirakyat.com
Logistik surat suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, untuk Kabupaten Buru Selatan (Bursel), yang sebelumnya direncanakan akan tiba Sabtu, 19 Oktober 2024 ini, mengalami penundaan. Alhasil, logistik tersebut, Minggu, 20 Oktober 2024, dijadwalkan tiba Namrole.


Demikian dikemukakan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Husni Hehanussa, kepada wartawan, Sabtu, 19 Oktober 2024, via telepon selulernya.



menyebut, besok Minggu, 20 Oktober 2024, surat suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, tiba di Namrole. 


Pernyataan tersebut meralat pemberitaan Suara Buru Selatan, edisi Jumat, 18 Oktober 2024, yang menyatakan, besok (hari ini-red) surat suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024, tiba Namrole, dengan besok (Minggu).


"Jadi, pernyataan tersebut saya sampaikan sebelum mengetahui perkembangan terkini dari penyortiran logistik surat suara, yang seharusnya bisa langsung dilakukan, apabila gudang ekspedisi itu memenuhi persyaratan, " kata Husni.via telepon selulernya. 


Dia menyebut, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Maluku dan KPU Provinsi yang ikut mengawasi dan meninjau sejak kertas suara tiba di Bandara Pattimura, dan dibawa ke gudang ternyata mendapatkan gudang logistik milik perusahaan penyedia tidak layak. 


"Karenanya, Bawaslu Provinsi Maluku merekomendasikan pemindahan lokasi gudang penyimpanan logistik surat suara pilkada 2024," ucap Hehanussa. 


Orang nomor satu di KPU Bursel ini, awalnya ketika surat suara telah tiba di Bandara Pattimura Ambon, dan saat dibawa ke gudang logistik milik ekspedisi, ternyata gudang tersebut tidak memenuhi syarat sesuai Peraturan KPU (PKPU) maupun Petunjuk Teknis (Juknis). 


Alhasil, logistik yang rencananya tiba kemarin, akhirnya tertunda, karena pertama mau langsung dibawa ke gudang ekspedisi, kalau di gudang ekspedisi itu eksekusinya cepat, tapi sayangnya tidak memenuhi syarat. 


"Selain itu, pemindahan lokasi itu yang turut membuat distribusi surat suara tertunda. Karena harus mengurus feri untuk mengangkut surat suara. Malam ini fix, surat suara sudah diatas feri, jadi esok tiba di Namrole, " kata Husni. 


Sedangkan, Ketua Bawaslu Kabupaten Bursel, Robo Souwakil turut membenarkan, bahwa malam ini, distribusi surat suara Pilkada 2024, sudah didistribusikan dari Ambon.


"Malam ini, surat suara sudah didistribusikan dari Ambon menuju Namlea. Kemarin surat suara telah tiba di kota Ambon, dan saya turut mengawasi dari Bandara Pattimura Ambon, " ujar Souwakil. 


Terpisah, Kordinator Divisi (Kordiv) Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (P3S), Nikson Nurlatu membenarkan bahwa Sabtu, malam ini, surat suara didistribusikan dari Ambon. 


"Hari ini baru berangkat ke Namlea, untuk surat suara Buru dan Bursel. Rencananya, setelah tiba di Namlea, langsung didistribusikan ke Namrole, " kunci Nurlatu. (AL)

Baca Juga
Klik ☝ untuk mengikuti akun Google News Kami
agar anda tidak ketinggalan berita menarik lainnya

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama